Bagaimana Cara membuat bedak dingin dari Banjar

Bagaimana Cara membuat bedak dingin dari Banjar



Cara bikin bedak dingin

Bedak dingin yaitu salah satu bedak tradisional yang datang dari Banjar, Kalimantan. Bedak ini telah dipakai mulai sejak masa dulu, di masa nenek moyang sampai sekarang ini. Bedak ini mempunyai manfaat untuk menyejukkan kulit, baik muka ataupun sisi lain yang terserang paparan cahaya matahari yang sangatlah menyengat di siang hari. Wanita serta anak-anak kenakan bedak putih tidak tipis adalah hal lumrah yang anda temui pada pemukiman suku Banjar, seperti orang yang menggunakan masker, tetapi di siang hari.
Cara bikin bedak dingin dari Banjar

bahan bedak dingin – weddingku. com
Manfaat bedak dingin

Bedak dingin ini mempunyai manfaat, oleh karena itu selalu dilestarikan pemakaiannya. Bukan sekedar menyejukkan muka dari sengatan cahaya matahari, bedak ini dapat juga menyejukkan tubuh bayi serta orang dewasa. Beberapa orang yang lansia yang memakai bedak dingin ini dengan teratur biasanya mempunyai muka yang segara serta tak keriput. Oleh karena itu bedak dingin diakui bisa bikin awet muda. Bedak dingin dapat juga dipakai juga sebagai media penyembuh demam, ruam atau penyakit lain pada bayi. Diluar itu bisa pula menyembuhkan jerawat atau luka parut yang disebabkan penyakit campak. Memanglah bedak dingin ini sangatlah tradisional, tetapi khasiatnya tidak terhingga.
Bahan pembuatan bedak dingin

Berikut ini yaitu beberapa bahan yang perlu anda siapkan untuk bikin bedak dingin, yaitu :

Beras yang bagus serta telah dicuci bersih
Air daun pandan wangi, bukanlah pandan hijau
Bunga melur, bunga tanjung serta bunga cempaka
Akar serta rempah bermanfaat seperti jinten hitam, kencur, kayu manis serta kunyit

Cara bikin bedak dingin

Sesudah anda sediakan bahan yang diperlukan, jadi kita bakal mulai cara pembuatan bedak dingin ini, seperti berikut :

Rendam beras di di air daun pandan sepanjang 3 hari 3 malam. Tutup rendaman dengan kain berpori hingga dapat terus ada pertukaran hawa tetapi tak ada serangga yang dapat masuk. Serangga serta binatang kecil bisa mengakibatkan iritasi serta penyakit kulit.
Taburkan bunga melur bunga-bungaan ke rendaman beras hingga aroma kombinasi jadi wangi serta fresh.
Rendaman itu disimpan ditempat yang dapat memperoleh tetesan embun, biasanya dibawah pohon atau di antara rerumputan.
Sesaat beras serta bahan lain di rendam, akar serta rempah bermanfaat ditumbuk lantas dikeringkan. Kemudian diayak sampai memperoleh sisi bubuk yang halus.
Sesudah 3 hari berlalu, beras bakal mengembang serta wangi. Beras ditumbuk sampai halus seperti tepung lantas diayak hingga memperoleh sisi yang paling halus.
Kemudian campur bubuk beras halus itu dengan bubuk akar bermanfaat.
Bila telah tercampur dengan rata, masukkan air sedikit untuk sedikit agar ramuan itu bisa dibuat bulat-bulat kecil.
Tempatkan bulatan bedak itu pada nampan kering serta jemur sampai kering. Biasanya memerlukan 3 hari.

Nah, bedak dingin telah bisa dipakai atau disimpan. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan sebagian butir dengan air sampai membuat adonan. Gosokkan di wajah serta leher. Pakai ketika hawa panas atau malam hari juga sebagai masker. Untuk masker, gunakan semakin banyak bedak dingin hingga bisa mengeras seperti masker biasanya. Semoga berguna.

0 Response to "Bagaimana Cara membuat bedak dingin dari Banjar"

Posting Komentar

wdcfawqafwef